5 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Sehat, Yuk Intip

93

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Orang yang terlalu kurus juga mengidamkan berat badan ideal. Beberapa cara menaikkan berat badan secara sehat bisa diterapkan agar berat badan naik.

Berat badan ideal tak hanya bisa didapatkan dari diet menurunkan berat badan saja. Bagi orang yang terlalu kurus, berat badan ideal bisa didapatkan dari menaikkan berat badan.

Sebagian orang berpikir menaikkan berat badan bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang banyak dari biasanya. Namun, kalau tidak tepat melakukannya malah bisa mengalami masalah kesehatan.

Ada beberapa cara menaikkan berat badan secara sehat. Mulai dari berolahraga hingga mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti dikutip dari detikcom.

Berikut 5 cara menaikkan berat badan secara sehat.

1. Olahraga Rutin
Olahraga tak hanya dilakukan untuk program menurunkan berat badan saja, tapi juga menaikkan berat badan. Ada beberapa jenis olahrga yang bisa melibatkan pemecahan otot dan pembentukan massa otot tanpa lemak.

Sehingga berat badan bisa bertambah dengan cara yang sehat. Fokuskan pada olahraga yang menggunakan beban, seperti mengangkat barbel. Daripada olahraga kardio untuk menambah berat otot.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Protein
Tak hanya berolahraga secara rutin, kamu juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Salah satunya makanan tinggi protein.

Karena olahraga melibatkan pemecahan massa otot, maka untuk memperbaiki dan membangun otot tanpa lemak memerlukan dukungan nutrisi dari protein yang sangat penting. Makanan tinggi protein yang bisa kamu konsumsi adalah kacang-kacang-an, ayam, produk susu, telur, dan lainnya.

Kamu bisa mengonsumsi 2-3 butir telur rebus. Bisa juga tambahkan daging dada ayam kukus sebagai lauk pelengkap menu makan harianmu. Konsumsi juga 1-2 gelas susu secara rutin.

3. Tambahkan Makanan Mengandung Lemak Sehat
Selain makanan tinggi protein, makanan yang mengandung lemak juga perlu ditambahkan untuk menaikkan berat badan. Tapi, perlu diingat untuk menambahkan lemak yang sehat.

Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat adalah minyak zaitun, telur, alpukat, salmon, dan lainnya. Karena makanan-makanan ini mengandung asam lemak omega-3.

Untuk minyak zaitun bisa kamu gunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa. Bisa juga kamu tambahkan sebagai dressing salad. Alpukat dan salmon juga bisa kamu padukan untuk hidangan sandwich.

4. Konsumsi Karbohidrat Sederhana
Jangan beranggapan kalau ingin menambahkan berat badan bisa dengan mengonsumsi nasi dalam porsi besar. Walaupun nasi mengandung karbohidrat, tapi kadarnya terlalu tinggi.

Sedangkan untuk menaikkan berat badan, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Kamu boleh mengonsumsi nasi, namun porsinya kecil.

Bisa juga mengganti nasi dengan kentang. Selain kandungan karbohidrat yang kecil, kentang juga merupakan sumber potasium yang baik. Biji-bijian juga mengandung karbohidrat berupat tepung dan padat kalori.

5. Hindari Junk Food
Banyak orang beranggapan kalau mengonsumsi segala jenis makanan bahkan yang berlemak bisa menaikkan berat badan dengan cepat. Memang ada benarnya, namun hal itu menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat. Terutama bisa menimbulkan lemak di sekitar perut.

Walaupun lezat, junk food atau makanan cepat saji sebaiknya dihindari saat sedang program menaikan berat badan. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan padat energi namun tetap sehat. (mg1)