5 Provinsi dengan Vaksinasi Corona Terendah, Diantaranya Lampung

27

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan terkait progres vaksinasi Corona di Indonesia dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi IX DPR RI. Budi mengungkap 5 provinsi terendah dari Lampung hingga Papua yang melakukan vaksinasi sampai saat ini.

Awalnya Budi menyampaikan berkaitan laju vaksinasi di Indonesia yang telah menembus angka 57 juta sampai hari ini. Dia mengupayakan agar 100 juta orang tervaksinasi sampai akhir Agustus.

“Kenaikan laju vaksinasi di Indonesia sebagai gambaran program vaksinasi dimulai 13 Januari, dan kita menembus angka 50 juta pertama di tanggal 8 Juli jadi sekitar 26 minggu, dan kita sekarang sedang berusaha keras agar kita bisa tembus angka 50 juta kedua menjadi 100 juta di akhir Agustus, yaitu sekitar 7 minggu,” ucapnya saat rapat dengar pendapat di Gedung DPR RI, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (25/8/2021).

Lebih lanjut, Budi menyebut pemerintah menargetkan 300 juta dosis vaksinasi tercapai sampai akhir 2021. Kemudian, kata dia, vaksinasi usia 12-17 tahun akan selesai hingga Februari 2022.

“Perkiraan kami di akhir tahun bisa capai di angka 300 jutaan, sehingga angka 400 juta sesudah ditambah target anak-anak di usia 12-17 kita bisa selesaikan di sekitar Januari atau Februari 2022. Satu tahun sesudah kita laksanakan 13 Januari 2021 ini,” kata Budi.

Kemudian Budi juga memaparkan sampai hari ini ada 5 provinsi yang masih rendah dalam progres vaksinasi Corona. Dia memastikan kelima provinsi tersebut akan dikejar untuk melakukan vaksinasi lebih cepat.

“Ada beberapa daerah yang masih agak tertinggal yaitu yang paling rendah adalah Lampung, Maluku Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, dan Papua, itu daerah daerah yang akan kami kejar,” paparnya.

Sementara itu, kelima provinsi yang tertinggi, kata Budi, yakni dari DKI Jakarta hingga Bali. Dia menyebut DKI Jakarta sendiri sudah mencapai angka 100 persen.

“Rata-rata nasional yang sudah divaksinasi adalah 28,17 persen, ada beberapa daerah yang memang memiliki pencapaian yang lebih tinggi, contoh Jakarta sudah lebih dari 100 persen, Bali juga sudah hampir capai 100 persen untuk dosis pertama, Kepri juga di atas 60 persen, Jogja dan sebagainya,” tuturnya.

Rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR RI masih berlangsung. Menkes Budi saat ini masih memaparkan terkait stok vaksin yang dimiliki Indonesia. (mg1)