6 Panduan Sederhana Cara Menjaga Kesehatan Mata

120

Ada banyak cara menjaga kesehatan mata yang perlu kita cermati. Mata menjadi organ yang sangat vital pada manusia. Mata adalah jendela untuk kita melihat serta mengetahui dunia.

Sayangnya, umumnya kita menjaga mata dengan langkah yang kurang benar, bahkan tidak sedikit juga yang abai dalam hal kesehatan mata.

Berikut ini 6 Panduan Sederhana Cara Menjaga Kesehatan Mata :

1. Makanan sehat untuk mata
Makanan memberikan dampak besar pada kesehatan tubuh, begitu halnya untuk mata. Makanan yang memiliki kandungan Asam Lemak Omega Tiga, Lutein, Zink, serta Vitamin A, C, serta E dapat membantu memperjelas penglihatan serta mengurangi problem mata akibat penuaan, degenerasi makula, serta katarak.

2. Hati-hati saat menggunakan komputer
Beberapa orang kerap alami Computer Vision Syndrome, yakni situasi sesaat yang dikarenakan pemakaian komputer dalam kurun waktu lama. Gejalanya seperti capek pada mata, sakit kepala, penglihatan tidak jelas, mata kering, sulit konsentrasi melihat pada jarak spesifik, sakit pada leher, punggung, serta bahu.

Baiknya, saat menggunakan komputer kurun waktu lama, pastikan ketajaman layar membuat mata anda nyaman atau pakai kaca anti silau pada layar komputer. Disamping itu, banyak minum serta berkedip juga bisa untuk menghindarkan dari kekeringan pada mata.

Luangkan waktu untuk beristirahat tiap dua jam serta palingkan mata dari komputer sepanjang 20 detik tiap 20 menit sekali. Pastikan jarak mata serta layar komputer cocok dengan kondisi mata.

3. Pakai kacamata
Membuat perlindungan mata dari cahaya UV saat ada di luar ruangan, manfaatkanlah kacamata yang dapat mencegah 99% cahaya UV A serta UV B dikarenakan cahaya tersebut menambah risiko katarak serta degenerasi makula.

4. Berhenti merokok
Studi menunjukan, merokok bisa menambah risiko degenerasi makula, katarak, serta rusaknya saraf optik.

5. Janganlah pakai alat make-up yang telah lama
Pastikan anda buang seluruh alat make-up yang telah berumur kian lebih enam bulan. Pakai kuas rias spesial serta janganlah pakai kuas yang sama juga dengan teman dikarenakan dapat mengakibatkan infeksi.

6. Teratur periksa mata
Kunjungi dokter mata dengan teratur untuk mengetahui situasi mata serta mendeteksi kemungkinan penyakit pada mata.