7 Manfaat Daun Bidara yang tidak Disangka

23

Bidara atau widara dengan nama latin Ziziphus mauritiana adalah sejenis pohon kecil. Pohon ini menghasilkan buah, tumbuh di dataran kering.

Tanan ini, tentu saja menjadi satu dari sekian banyak jenis tanaman yang biasa digunakan dalam proses pengobatan tradisional. Konon, manfaat daun bidara dipercaya oleh masyarakat sebagai obat untuk berbagai penyakit.

Bidara banyak tumbuh di Indonesia, terutama di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tanaman bidara sebetulnya berasal dari Timur Tengah, namun telah menyebar ke berbagai wilayah tropis dan subtropis.

Salah satu ciri khas tanaman ini adalah mampu beradaptasi di berbagai kondisi cuaca. Hanya saja, bidara lebih menyukai tumbuh pada kondisi udara panas dengan suhu antara 37-48 derajat celcius. Berikut ini beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan.

Mengobati Jerawat

Daun bidara dapat membersihkan dan menjaga kesehatan kulit. Masalah pada kulit wajah biasanya dialami oleh kaum remaja. 

Kemunculan jerawat ini sangat mengganggu wajah kita. Daun bidara adalah solusi dari permasalahan ini.

Cara pengolahannya pun cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun bidara. Tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air dan campur sampai agak mengental. Oleskan pada wajah yang berjerawat, atau gunakan seperti memakai masker wajah pada umumnya. Diamkan selama lebih kurang 20 menit. Bilas wajah tanpa menggunakan sabun.

Untuk hasil yang optimal, lakukan hal ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu selama 2 bulan.

Menyehatkan mulut

Mulut yang tidak sehat ditandai dengan sariawan dan bibir yang pecah-pecah. Untuk mengatasi nya kamu bisa menggunakan manfaat dari daun bidara ini. Daun yang satu ini mampu menjaga kesehatan mulut dari berbagai macam infeksi.

Baik untuk lambung

Daun ini akan meredakan beberapa keluhan yang ada di lambung, karena daun bidara tidak berdampak negatif terhadap asam lambung.

Mengatasi haid yang tidak lancar

Khasiat dari daun bidara ini sangat bagus untuk kaum wanita yaitu dapat mencegah haid yang tidak lancar. Kandungan senyawa dari daun ini dapat menyeimbangkan hormon yang ada pada dirimu dan dapat melancarkan haid.

Mengobati keputihan pada wanita

Manfaat lain dari daun bidara untuk wanita yaitu mencegah keputihan. Daun ini akan menghilangkan jamur yang ada pada miss-v. Jamur merupakan penyebab utama munculnya keputihan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Mempercepat penyembuhan luka

Luka lecet, tergores dan luka akibat terjatuh ternyata dapat disembuhkan dengan daun bidara. Di daun bidara terdapat anti inflamasi yang akan membuat bagian luka lebih cepat sembuh.

Daun yang digunakan sebagai obat luka adalah daun yang sudah kering kemudian dijadikan bubuk. Untuk menggunakan nya campurkan daun bidara dengan sedikit air sampai berubah menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada bagian yang terluka.

Meringankan luka bakar

Jika kamu terkena luka bakar, boleh dicoba nih daun mujarab yang satu ini. Daun bidara yang masih segar dapat memberikan efek dingin pada kulit yang mengalami luka bakar.

Selain itu, di dalam daun bidara terdapat senyawa yang mencegah luka bakar berbekas pada kulit.