Bagus Untuk Jantung, Ini 5 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan

41

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Buah jeruk dikenal kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh. Berikut 5 manfaat jeruk untuk kesehatan, diantaranya bagus untuk kesehatan jantung dan sistem pencernaan.

Jeruk merupakan buah oranye dengan rasa manis cenderung asam yang banyak disukai orang Indonesia. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk membuat jeruk kerap dipercaya untuk rutin dikonsumsi setiap hari.

Bukan hanya untuk menjaga imunitas dan mencegah sariawan, ternyata jeruk punya banyak manfaat lain yang belum banyak diketahui. Para ahli dan ilmuwan telah berhasil membuktikan dan menjabarkan manfaat dan risiko rahasia apa saja yang sebenarnya dimiliki oleh buah jeruk.

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk menjadi buah yang disarankan oleh ahli untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Ternyata manfaat jeruk bukan hanya karena vitamin C-nya saja, tetapi juga memiliki banyak nutrisi lain untuk mencegah penyakit kronis yang berbahaya.

Berikut 5 manfaat jeruk untuk kesehatan menurut Eat This, Not That seperti dilansir dari detikcom:

1. Mengendalikan Kolesterol
Jika kamu memiliki permasalahan dengan kadar kolesterol dalam tubuh, konsumsi jeruk secara rutin sangat dianjurkan. Sebuah penelitian pada Nutrition Research menunjukkan kadar serat sitrat dalam jeruk dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam empat minggu.

Jeruk memiliki serum yang dapat mengendalikan kolesterol sebanyak 10,6% dari keseluruhan kandungan nutrisinya. Pada pengamatan yang dilakukan juga efek konsumsi jeruk menunjukkan penurunan kolesterol buruk setelah rutin dikonsumsi selama 60 hari.

2. Mengurangi pegal setelah olahraga
Setelah berolahraga tubuh biasanya akan mengalami pegal dan nyeri di beberapa bagian. Konsumsi jeruk secara rutin setelah olahraga ternyata terbukti ampuh untuk mengatasi pegal-pegal yang muncul setelah berolahraga. Manfaat jeruk untuk kesehatan ini pun bisa menguntungkan mereka penggila olahraga.

Kandungan vitamin C yang tinggi menjadi komponen utama dalam mengatasi keluhan nyeri tubuh setelah berolahraga tersebut. Hal ini bahkan telah dibuktikan melalui International Journal of Sport nutrition and Exercise Metabolism bahwa vitamin C pada jeruk bisa menghilangkan rasa sakit pada tubuh hanya dalam 24 jam.

3. Mengurangi risiko kanker kerongkongan
Jeruk memiliki kandungan asam sitrat yang sangat baik. Kandungan tersebut ternyata terbukti dapat mencegah beberapa jenis kanker yang bisa menyerang kesehatan tubuh.

Menurut sebuah penelitian di tahun 2017, Cell Journal, konsentrasi asam sitrat yang tinggi bekerja efektif untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker. Salah satunya adalah mengurangi proliferasi sel kanker kerongkongan dan dapat membunuh sel-sel kanker secara cepat.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat jeruk untuk kesehatan juga termasuk untuk sistem pencernaan. Konsumsi jeruk secara rutin dikatakan dapat menjaga kesehatan dan kelancaran pencernaan sesuai dengan waktu berfungsi yang seharusnya. Jeruk berukuran sedang biasanya akan mengandung 2,8 gram serat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Faktanya pada penelitian di tahun 2019, peneliti menemukan manfaat lain pada jeruk setelah melakukan pengamatan pada 30 subjek penelitian. Hasilnya jeruk memang dapat mengatasi konstipasi dan mengurangi gejala perut kembung dan sembelit.

5. Mengurangi risiko serangan jantung
Gangguan jantung sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Sederhananya jika kamu memiliki genetik tersebut dan tidak ingin mengalami serangan atau gangguan jantung, konsumsi jeruk menjadi cara pintar untuk meminimalisir risikonya.

Menurut ulasan penelitian pada tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa vitamin C yang ada dalam jeruk dapat menurunkan kadar penyakit kardiovaskular dan penyakit kardiovaskular yang menyebabkan kematian. Kesimpulan ini didapatkan setelah melakukan pengamatan pada 13.421 partisipan selama 11 tahun lamanya. Itu tadi manfaat jeruk untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsinya secara rutin. (mg1)