Bayi dan Lansia Terjebak Banjir di Bandarlampung, Proses Evakuasi Berlangsung Dramatis

42

Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) kota Bandarlampung berhasil mengevakuasi bayi 3 bulan dan wanita lanjut usia (lansia) dari jebakan banjir yang terjadi di Jalan Nyunyai, Kecamatan Rajabasa, Sabtu (24/2/2024).

Kabid Pemadaman pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandarlampung Irman Saputra mengatakan, saat petugas berada di lokasi banjir, ada warga yang memberitahu ada satu rumah yang di dalamnya terdapat bayi usia tiga bulan dan wanita lansia.

“Alhamdulillah personel kami berhasil mengevakuasi bayi dan lansia dari jebakan banjir di salah satu rumah yang berada di jalan Nyunyai,” ujar Irman Saputra.

Irman menyebut, saat petugas datang untuk mengevakuasi, bayi tersebut diletakkan di atas meja yang mengambang oleh keluarganya agar tidak terkena air.

“Di rumah tadi ada empat orang, semua sudah berhasil kami evakuasi ke rumah warga terdekat serta diberikan susu untuk si bayi,” kata dia.

Menurut Irman, saat hujan lebat terjadi, ketinggian air di lokasi tersebut mencapai dada orang dewasa.

Untuk itu, lanjutnya, personel Damkarmat masih terus membantu penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah di kota Bandarlampung akibat hujan deras yang turun sejak sore.

“Untuk di Jalan Nyunyai ada 15 personel yang membantu penangan banjir,” pungkasnya.