China Bikin Jet Tempur Siluman Baru, Diklaim Selevel F-22 dan Su-57

43

BANDARLAMPUNGPOS.COM-Sebuah perusahaan penghasil pesawat tempur andalan China mengumumkan rencana untuk membuat jet tempur siluman generasi keempat yang baru. Dalam konteks Beijing, jet tempur generasi keempat adalah jet tempur siluman yang selevel dengan J-20, F-22 Amerika Serikat (AS) dan Su-57 Rusia .

Shenyang Aircraft Co. Ltd., perusahaan di bawah Aviation Industry Corporation of China (AVIC) milik negara China merilis pernyataan pekan lalu di akun WeChat dan mengungkapkan rencana kerjanya untuk tahun 2021.

Perusahaan itu mengatakan, selain membuat jet tempur siluman generasi keempat, mereka juga akan melakukan uji produksi dan penelitian pada pesawat generasi berikutnya pada tahun 2021.

China secara luas diharapkan untuk mengembangkan jet tempur siluman yang siap untuk kapal induk, karena AS telah mengungguli China dalam pengembangan pesawat tempur generasi berikutnya.

“Perusahaan bertujuan untuk membuat terobosan dalam program jet tempur generasi keempat dengan meningkatkan teknologi terkait, termasuk manufaktur aditif, kontrol atas cacat elektromagnetik permukaan, dan penempatan serat otomatis, sehingga pesawat dapat berhasil dikembangkan,” bunyi pernyataan Shenyang Aircraft, sebagaimana dikutip dari Global Times, Selasa (30/3/2021).

Menurut media Beijing tersebut, tet tempur generasi keempat, dalam konteks China, adalah jet tempur siluman yang sebanding dengan J-20, F-22 AS dan Su-57 Rusia. Meski faktanya, F-22 dan Su-57 dinyatakan oleh masing-masing pihak sebagai jet tempur siluman generasi kelima.

Pernyataan Shenyang Aircraft tidak menyebutkan nama jet tempur siluman generasi keempat yang dibuat, namun mereka melampirkan foto FC-31, satu-satunya jet tempur generasi keempat yang diketahui dibuat oleh perusahaan yang berbasis di Shenyang.

Wang Ya’nan, pemimpin redaksi majalah Aerospace Knowledge yang berbasis di Beijing, mengatakan kepada Global Times pada hari Senin bahwa masuk akal untuk berspekulasi bahwa pernyataan tersebut mengacu pada versi perbaikan dari FC-31, karena versi saat ini hanyalah prototipe.

Angkatan Laut China membutuhkan jet tempur yang lebih canggih di masa depan, dan FC-31—menurut prediksi Wang—, jika disesuaikan untuk tujuan itu, akan menjadi pilihan yang baik.

Perusahaan mengumumkan bahwa mereka juga menjajaki pesawat generasi berikutnya termasuk penelitian tentang teknologi seperti adaptasi termal dan integrasi struktur dan fungsi.

“Sistem teknologi untuk pesawat generasi mendatang akan secara bertahap dibentuk saat perusahaan melakukan uji produksi dan penelitian,” lanjut pernyataan Shenyang Aircraft.

Pada bulan lalu, Kepala Komando Tempur Udara AS Jenderal Mark Kelly mengatakan bahwa Amerika sedang mengembangkan jet tempur generasi berikutnya.

Para ahli mengatakan bahwa AS sedang mengobarkan perlombaan senjata atas pesawat tempur baru, tetapi konsep jet tempur generasi mendatang masih belum ditentukan di seluruh dunia.

Jet tempur generasi berikutnya China diharapkan muncul pada tahun 2035. Demikian laporan media China pada awal 2020 dengan mengutip Wang Haifeng, kepala arsitek di AVIC Chengdu Aircraft Research and Design Institute.
(sindonews.com)