Diskon Listrik Diperpanjang Sampai September?

127

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Pemerintah memutuskan kembali memperpanjang diskon tarif listrik untuk golongan 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Bantuan yang semula akan berakhir Juli diperpanjang karena pemerintah memberlakukan PPKM Darurat.

“Nah, kami dengan adanya PPKM ini akan memperpanjang lagi diskon 50% untuk 450 VA, dan 900 VA dengan 25% sampai dengan kuartal ketiga. Jadi durasinya diperpanjang 3 bulan 6 bulan dan sekarang 9 bulan sampai dengan September,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021) seperti dilansir detikcom.

Mereka yang akan menerima diskon listrik adalah 32,6 juta pelanggan yang merupakan pelanggan untuk 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

“Untuk itu akan dibutuhkan tambahan dana di dalam rangka meng-cover sampai dengan September sebesar Rp 1,91 triliun,” sebutnya.

Jadi total diskon tarif listrik sejak awal 2021 memakan biaya sebesar Rp 7,58 triliun, di mana untuk semester satu dianggarkan Rp 5,67 triliun. Stimulus tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat terutama kelompok menengah bawah.

Pemerintah juga masih akan memberikan bantuan untuk meng-cover rekening minimum dan biaya beban abodemen listrik untuk kelompok usaha dan sosial, dengan sasaran 1,14 juta pelanggan. Bantuan itu diperpanjang hingga September. Untuk perpanjangan program tersebut dibutuhkan tambahan anggaran Rp 420 miliar.

“Yang tadinya hanya satu kuartal kita perpanjang hingga kuartal ketiga meskipun dalam hal ini diskonnya diturunkan, dari tadinya 100% ditanggung pemerintah, sekarang 50% ditanggung oleh pemerintah,” jelas Sri Mulyani. (mg1)