Diumumkan Langsung oleh Mark Zuckerberg, Facebook Ganti Nama Jadi Meta

42

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Facebook resmi berganti nama menjadi Meta. Perubahan ini diumumkan langsung oleh Mark Zuckerberg di ajang Connect 2021.

“Sudah saatnya kami mengadopsi merek perusahaan baru untuk mencakup semua yang kami lakukan. Mulai sekarang, kami akan menjadikan metaverse pertama, bukan lagi Facebook,” katanya Zuckerberg, seperti dikutip dari detikcom.

“Saya dengan bangga mengumumkan bahwa mulai hari ini, perusahaan kami sekarang adalah Meta,” sambungnya.

Zuckerberg memastikan perubahan nama ini tidak akan mengubah nama dari aplikasinya. Meta akan menjadi induk yang menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp dan lainnya.

“Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk, sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan,” ujarnya.

Melalui Meta, kata Zuckerberg, perusahaannya berkomitmen akan membangun alam semesta komposit yang memadukan dunia online, virtual, dan augmented yang dapat dilalui orang dengan mulus. Konsep ini, yang dikenal sebagai metaverse, dapat menjadi platform sosial besar berikutnya dan diyakininya beberapa perusahaan teknologi akan membangunnya selama 10 tahun ke depan.

“Sekarang, Meta bergerak melampaui layar 2D menuju pengalaman imersif seperti augmented reality dan virtual reality untuk membantu membangun evolusi berikutnya dalam teknologi sosial,” pungkasnya.

Untuk diketahui Facebook bukanlah perusahaan teknologi pertama yang mengubah nama perusahaannya seiring dengan berkembangnya ambisi perusahaan.

Sebelumnya langkah serupa dilakukan Google pada 2015, raksasa pencarian internet ini reorganisasi sepenuhnya di bawah perusahaan induk bernama Alphabet Inc. Lalu Snapchat berganti nama menjadi Snap Inc pada 2016.

Namun perubahaan nama Facebook ini terjadi ditengah rentetan laporan The Washington Post yang menuding Facebook membiarkan misinformasi dan konten berbahaya menyebar demi mengedepankan keuntungan. *