Geser Tesla, Mobil Listrik Wuling Rp 65 Jutaan Laris Bak Kacang Goreng

149

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Mobil listrik Wuling tengah mencuri perhatian di negeri asalnya. Sebab penjualannya mengalahkan mobil termurah dari Elon Musk. Berita ini jadi salah satu topik terpopuler di detikOto.
Seperti diketahui China tengah gencar dalam memproduksi kendaraan listrik secara lokal. Bahkan harga mobil listrik di China terbilang sangat murah daripada Tesla. Salah satunya mobil listrik Wuling yang harga jualnya sebesar Rp 65 jutaan saja, ini membuatnya laris manis bak kacang goreng.

Mobil listrik tersebut diproduksi oleh SAIC Motor yang menjadi salah satu produsen otomotif terbesar di China. Mereka membuat mobil Wuling Hong Guang Mini EV yang dibangun sebagai bagian dari kerja sama dengan raksasa mobil AS, General Motors (GM) dan juga Wuling.

Dikutip dari BBC, penjualan mobil listrik Wuling Hong Guang di China mencapai dua kali lipat dari Tesla, hal ini jelas berkaitan dengan harga jual yang lebih murah.

Telah diluncurkan sejak tahun lalu, mobil dengan tipe standar ini hanya memiliki kecepatan maksimum 100 km/jam. Mobil kompak tersebut bisa memuat empat orang sekaligus.

Wuling Hongguang Mini EV
Wuling Hongguang Mini EV Foto: Wuling
Direktur Pelaksana Grup Riset Pasar China, Shaun Rein mengungkapkan, pemerintah China memiliki ambisi besar dalam memproduksi kendaraan listrik di negaranya.

“Pemerintah China serius dalam melakukan pengurangan polusi dan menjadi pemimpin global dalam menerapkan serta mempromosikan inovasi kendaraan listrik,” kata Shaun dikutip BBC.

Sementara di bulan Januari 2021, penjualan mobil listrik Wuling Hong Guang Mini EV mencapai 25.578 unit di China. Hal ini berhasil menggeser posisi Tesla Model 3 yang sebelumnya berada di peringkat pertama.

Bahkan penjualan mobil listrik kompak dari Wuling ini bisa terus melonjak naik seiring dengan adanya rencana untuk mengekspor ke luar negeri.

Meskipun bersaing dengan mobil listrik murah, Tesla tetap menjadi salah satu favorit kendaraan listrik untuk menengah ke atas karena menghadirkan fitur yang lebih mumpuni. Serta adanya rencana Tesla untuk menggandakan penjualan mobilnya di China hingga dua kali lipat.

Untuk memasarkan dan menjual Hongguang Mini EV, perusahaan patungan SAIC-GM- Wuling membangun sekitar 100 dealer di China. Sebagian besar di antaranya berlokasi di kota yang sibuk untuk menarik minat sebanyak mungkin.

Kabarnya Wuling akan membawa produk ini ke beberapa negara di luar China. Salah satu yang akan dapat prioritas adalah wilayah Eropa dan Amerika Utara. Kira-kira apakah akan masuk Indonesia juga?(detik.com)