Google Doodle Hari Ini Kenang Roehana Koeddoes, Wartawati Pertama RI

44

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Google Doodle hari ini, Senin 8 November 2021 mengenang Roehana Koeddoes. Dia adalah wartawati pertama di Indonesia.

Roehana Koeddoes lahir pada tanggal 20 Desember 1884 di kota kecil Koto Gadang, Sumatera Barat. Orang tuanya memberikan nama Siti Roehana

Dia dibesarkan di era ketika perempuan Indonesia umumnya tidak mendapat pendidikan formal. Roehana kecil begitu suka sekali membaca.

Di usia 7 tahun, ia dan teman-temannya sering melahap halaman-halaman surat kabar lokal dan berbagi berita lokal.

Dikutip dari detikcom, pada tahun 1911, Roehana mulai meniti kariernya di bidang pendidikan. Ia mendirikan sekolah pertama di Indonesia yang khusus diperuntukkan bagi perempuan.

Sekolah tersebut didirikan di kota kelahirannya dan diberi nama Koeddoes. Lewat sekolah tersebut, Roehana ingin memberdayakan perempuan melalui berbagai program, mulai dari pengajaran literasi bahasa Arab hingga moralitas.

Roehana makin memperluas pengaruhnya setelah pindah ke Bukittinggi dengan menjadi seorang jurnalis. Di sini, ia memainkan peran kunci dalam perintis surat kabar wanita ‘Soenting Melajoe’.

Sebagai yang pertama di Indonesia, publikasi ini secara langsung menginspirasi perkembangan beberapa surat kabar perempuan Indonesia yang berpengaruh.

Sepanjang kariernya, melalui artikel yang ditulisnya di Koeddoes, Roehana terus mendorong perempuan untuk membela kesetaraan dan melawan kolonialisme, dengan beberapa mencapai pengakuan nasional. Berkat perjuangannya itu banyak yang menganggap perempuan dalam jurnalisme Indonesia lebih kritis dan berani dari sebelumnya.

Tak salah bila kemudian pada 7 November 2019 Presiden Jokowi menobatkan Roehana sebagai pahlawan nasional. Roehana sendiri telah wafat pada 17 Agustus 1972 di usia 87 tahun. *