Kapal Nelayan Jepang Tabrakan dengan Kapal Kargo Rusia, 3 Awak Tewas

12

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Kapal nelayan Jepang bertabrakan dengan kapal Rusia di lepas pantai Hokkaido.
Sedikitnya tiga awak kapal tewas dalam insiden ini.

Seperti dilansir AFP, Rabu (26/5/2021), juru bicara pemerintah Jepang, Katsunobu Kato, menuturkan bahwa lima awak kapal nelayan itu ditemukan oleh sebuah kapal kargo Rusia.

“Kami diberitahu bahwa tiga orang dipastikan tewas, sementara dua orang lainnya mengalami luka-luka yang tidak mengancam nyawa mereka,” sebut Kato.

Laporan media lokal Japan Times menyebut bahwa kapal nelayan itu terbalik setelah bertabrakan dengan sebuah kapal Rusia berbobot 662 ton di perairan Hokkaido pada Rabu (26/5) pagi waktu setempat.

Disebutkan Japan Times bahwa kapal nelayan itu merupakan milik koperasi perikanan yang berbasis di Monbetsu, Hokkaido. Kapal itu sedang menangkap kepiting saat tabrakan terjadi pukul 06.00 waktu setempat.

Menurut Penjaga Pantai Jepang, kapal Rusia yang terlibat tabrakan itu disebut bernama Amur yang membawa 23 awak kapal. Tidak ada laporan korban luka dari kapal Rusia itu.

Laporan Japan Times juga menyebut bahwa ketiga korban tewas terdiri atas kepala teknisi yang berusia 60-an tahun dan dua awak yang berusia 30-an tahun.

Penyebab tabrakan ini belum diketahui secara jelas.
Namun diketahui bahwa Jepang dan Rusia terlibat dalam sengketa kedaulatan atas empat pulau yang dikuasai Moskow, yang menyebutnya sebagai Kurils. Tokyo mengklaim pulau-pulau yang disebutnya Wilayah Utara itu. Sengketa tersebut mencegah kedua negara menandatangani perjanjian damai sejak Perang Dunia II.

Kapal-kapal pencari ikan di area tersebut terkadang terlibat ketegangan. Tahun 2019, Rusia menahan 24 nelayan Jepang dan kapal mereka setelah menuduh mereka melebihi kuota penangkapan gurita. (mg1)