Laptop Murah Layar Mewah, Ini Review Axioo MyBook 14F

33

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Sebagai produsen laptop lokal, Axioo terbilang agresif merilis produk-produk terbaru. Apalagi harga yang ditawarkan juga menggoda, namun dibekali spesifikasi yang terbilang lumayan. Salah satu yang menarik adalah Axioo MyBook 14F.

Laptop ini hadir dengan desain yang ringkas, berkat bentang layar seluas 13 inci yang diusungnya. Bisa dibilang ukuran ini adalah yang paling ideal untuk di bawa ke mana-mana. Ditambah lagi dengan bobotnya yang ringan.

Tapi bukan itu kelebihan utama Axioo MyBook 14F. Daya tarik laptop ini berada pada layar yang dipakai. Resolusi layarnya ini bukan cuma FHD, melainkan 2,5K. Di kelasnya, laptop ini mungkin menjadi satu-satuya yang menawarkan fitur mewah ini.

Desain
Axioo MyBook 14F menawarkan desain yang tak neko-neko. Bisa dibilang tampilannya moderat alias lebih terlihat seperti laptop untuk kalangan bisnis. Namun berkat ukuran layarnya yang ringkas, praktis laptop ini punya dimensi yang nyaman dibawa-bawa. Apalagi bobotnya juga ringan.

Tapi bila dibandingkan dengan seri Axioo MyBook lainnya, laptop ini cenderung lebih tebal. Meski begitu, pengguna tak perlu repot-repot membawa tas khusus laptop untuk perangkat ini. Cukup gunakan sleeve, Axioo MyBook 14F tinggal dimasukkan ke dalam tas selempang atau ransel.

Ukuran charger laptop ini juga mungil, layaknya charger smartphone. Sayangnya panjang kabel charger agak kurang panjang, sehingga pengguna harus benar-benar dekat dengan colokan listrik ketika mengisi daya.

Soal ergonomi, Axioo MyBook 14F menawarkan keyboard dengan kenyamanan yang baik. Bentuk keypad tidak dibuat berdekatan, yang meminimalkan kemungkinan typo atau salah ketik. Alhasil, aktivitas mengetik jadi lebih nyaman dilakukan, terutama bagi yang hobi mengetik cepat.

Keleluasaan juga hadir di bagian touchpad. Permukaannya luas, bahkan terlalu luas. Sangat nyaman untuk menggerakan kursor di layar. Tapi di sisi lain, kelebihan ini justru memangkas kenyamanan di bagian palm rest yang cenderung kecil.

Di bagian layar, Axioo MyBook 14F sebenaranya memiliki bezel yang terlihat cukup tipis. Sayangnya pemilihan warna bezel yang mengikuti senada bodi malah memberi kesan old-fashion pada laptop ini. Seandainya bezel dilabur warna hitam mungkin akan lebih baik, karena mampu memberi kesan menyatu dengan layar.

Layar cemerlang
Diakui, kelebihan Axioo MyBook 14F ada pada layarnya. Dengan ukurannya yang 13 inci, resolusi yang ditawarkan terbilang tinggi. Layar laptop ini punya resolusi mencapai 2.560 x 1.600 pixel. Kelebihan ini sangat membuatnya sangat menarik, mengingat harganya yang tak sampai Rp4 juta.

Praktis, Axioo MyBook 14F sangat nyaman untuk menikmati multimedia. Penyuka film atau serial pasti sangat dimanjakan oleh layar resolusi 2,5K yang dimiliki laptop ini. Apalagi tampilan warna pada layarnya juga terlihat cerah dan tajam. Sepertinya Axioo tak main-main dengan kualitas layar MyBook 14F ini.

Sedangkan untuk bekerja, resolusi yang tinggi memungkinkan tampilan layar yang lebih luas. Sebagai contoh, tampilan sheet pada aplikasi Excel akan terlihat lebih luas tanpa pengguna harus sering-sering melakukan scrolling.

Performa dan spesifikasi

Bicara performa, spesifikasi yang diusung Axioo MyBook 14F relatif mencukupi untuk keperluan ringan. Perangkat ini dipercayakan pada prosesor Intel N4020 yang merupakan seri dari Celeron. Pada varian yang kami review, prosesor tersebut dipadukan dengan penggunaan RAM sebesar 4 GB.

Sebagai media penyimpanan, varian Axioo MyBook 14F ini dibekali SSD berkapasitas 128 GB. Penggunaan SSD pun sukses mendongkrak perfoma laptop ini. Adapun bila kapasitas penyimpanan yang diberikan dirasa kurang, laptop ini menyediakan akses di bagian bawahnya bagi pengguna yang ingin mengganti dengan SSD yang kapasitasnya lebih besar.

Dengan kombinasi tersebut, performa laptop ini memang lebih ditujukan untuk pekerjaan ringan hingga menengah. Laptop ini terasa sangat nyaman digunakan untuk pekerjaan sehari-hari yang identik dengan aplikasi produktivitas.

Fitur yang ditawarkan pun mendukung untuk beban komputasi harian, antara lain webcam 2 MP, dua slot USB 3.0 dan jack audio 3,5 mm. Kemudian juga ada port HDMI untuk menampilkan ke layar yang lebih besar, seperti TV LED atau proyektor guna melakukan presentasi.

Source : detik.com