Menengok Menu Buka Puasa Di Negara-Negara Islam

21

Saat puasa Ramadhan begini, tidak enak rasanya jika kita hanya mengulas hal-hal yang ada di Indonesia saja. Karena ibadah puasa adalah ibadah yang dijalankan oleh seluruh umat Islam yang ada di penjuru dunia, maka Ramadhan akan menjadi warna tersendiri bagi masing-masing negara, terutama mereka yang mayoritas juga beragama Islam seperti Indonesia.

Salah satu hal yang menarik untuk dikenali adalah aneka menu buka puasa di negara-negara Islam lainnya yang ada di kawasan anak benua dan Timur Tengah.

Turki

Kaum muslimin di Turki memiliki menu khas yang digunakan untuk buka puasa yakni roti pide. Roti ini merupakan makanan tradisional di negeri tersebut. Di restoran-restoran Turki biasanya roti pide disajikan satu paket dengan sup iftariye, pastirma, sujuk serta ragam kue yang disebut börek. Untuk pencuci mulutnya biasanya digunakan air mawar yang disebut güllaç.

Mesir

Negeri yang dikenal dengan bumi para nabi menjadikan medames menjadi menu khas buka puasa di sana. Medames adalah campuran makanan yang diberi kacang fava, parsley, bawang putih, bawang bombay serta air lemon. Di hari biasa menu ini digunakan untuk sarapan pagi.

Pakistan

Pakistan menjadikan samosa sebagai menu utama buka puasa. Ini merupakan jenis makanan pastry yang berbentuk segitiga dengan rasa pedas. Samosa terbuat dari kentang pedas, bawang bombay cincang, kacang-kacangan, dan daging cincang.

Bangladesh

Negeri yang dijuluki Pakistan Timur itu menjadikan rooh afza sebagai menu buka puasa. Itu adalah jenis minuman khas yang dapat menghilangkan dahaga. Minuman ini terbuat dari konsentrat labu tanpa alkohol dan sorbet lemon. Sedangkan untuk menu makanannya adalah Priyaji atau disebut juga Onion Pakoda yang terbuat dari kacang lentil, cincangan bawang dan cabai hijau. 




Leave a Reply