Menu Sehat Berenergi saat Sahur di Bulan Ramadhan

13

Salah satu kenikmatan bagi yang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan adalah saat sahur bersama.

Menikmati hidangan di pagi buta sebelum waktu subuh menjadi hal yang spesial bagi keluarga yang tengah menjalankan ibadah di bulan yang mulia ini.

Maka dari itu, untuk mendukung kelancaran ibadah puasa, dibutuhkan menu yang sehat untuk disantap bersama di saat sahur.

Apa saja menu sehat yang dapat disantap bersama untuk sahur sehingga puasa dapat berjalan lancar?

Berikut ada beberapa menu yang disarankan para ahli gizi untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan khususnya di waktu sahur sebagai penyiapan cadangan energi seharian penuh.

Tiga hal yang harus diperhatikan selama puasa adalah air, vitamin, dan elektrolit dalam tubuh. Maka mengkonsumsi air, buah-buahan, dan minuman elektrolit alami seperti air kelapa menjadi salah satu menu yang sangat dianjurkan selama Ramadhan, khususnya ketika sahur.

Cairan-cairan tersebut adalah sebuah restorasi untuk tubuh ketika sebelumnya tubuh kita mengalami pengurangan cairan selama tidur.

Untuk menu makanannya, sebaiknya kita makan makanan yang terdiri dari karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memungkinkan kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Bahan-bahan yang mengandung zat itu di antaranya nasi merah, bubuh kacang hijau dengan gula aren. Asupan karbohidrat kompleks menjamin ketersediaan energi yang cukup selama menjalani puasa.

Dan yang tidak boleh dilupakan tentunya adalah lauk yang terdiri atas serat dan lemak. Sayur harus diperbanyak agar menjadi pembersih alami saluran pencernaan kita.

Untuk lemak, sebaiknya jangan menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun dan minyak kelapa yang tidak digoreng. Lemak berfungsi untuk menjadikan pergerakan makanan di perut menjadi lebih lambat sehingga kita menjadi lebih tahan lapar. Tertarik? Silahkan dicoba!