Sepele, Ini 5 Aktivitas Sehari-hari yang Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

49

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sehingga organ dan jaringan tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, beberapa hal bisa menyebabkan gangguan pada jantung dan membuat organ ini tidak berfungsi secara normal.

Nah, mari simak penyebab penyakit jantung yang dikutip dari detik.com:

1. Tidak Memiliki Aktivitas Fisik Rutin
Aktivitas rutin seperti berjalan kaki selama dua puluh menit sehari, sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Berjalan, berlari, berolahraga sangat membantu jantung serta pembuluh darah yang berkaitan dengan penurunan kolesterol, berat badan, dan tekanan darah rendah.

Jika tidak memiliki aktivitas rutin dalam menjaga kesehatan tubuh, besar kemungkinan seseorang mengalami penyakit jantung.

2. Merokok
Rokok bertanggung jawab atas sepertiga kematian yang terjadi karena dapat merusak kesehatan jantung.

Karbon monoksida menjadi elemen utama rokok dan menyebabkan penurunan jumlah darah yang sehat serta meningkatkan kolesterol. Mengurangi asupan rokok dapat membantu, tetapi berhenti sepenuhnya menjadi solusi konstruktif untuk masalah ini.

3. Stres
Stres yang berlebihan akibat suatu keadaan, dapat memberi tekanan pada jantung dan menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Untuk mengatasi stres, seseorang harus bisa mencari cara mengelola stres dengan efektif seperti berolahraga yang berguna untuk menenangkan tubuh dan mengatur hormon sehingga membantu jantung. Cara lainnya dapat melakukan meditasi, mendengarkan musik, membuat jurnal, menghabiskan waktu bersama keluarga atau hewan peliharaan.

4. Makan Junk Food
Jika sudah bekerja keras sepanjang minggu dan memilih akhir pekan dengan mengonsumsi makanan olahan yang tidak sehat dengan dalih ‘self reward’, awas ada konsekuensinya.

Memakan junk food atau makanan tidak sehat menjadi kebiasaan yang dapat mempengaruhi tingginya tekanan darah dan kolesterol. Disarankan untuk selalu mengecek komposisi gizi makanan dan hanya memakan apa yang dirasa seimbang antara nutrisi serta rasa.

5. Minum Minuman Beralkohol
Alkohol merupakan salah satu faktor penyebab serangan jantung yang umum ditemukkan. Alkohol dapat memicu tingkat trigliserida dalam tubuh, yakni bentuk lemak tidak sehat yang menyebabkan kerusakan berlebih dan menyebabkan peningkatan kolesterol.