20 negara Dilarang Masuk Arab Saudi, Umroh 2021 Ditunda Lagi

92

BANDARLAMPUNGPOS.COM–Perjalanan umroh 2021 kembali tertunda. Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan larangan masuk pada 20 negara termasuk Indonesia.

Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria mengatakan larangan masuk ini akan ditunda sampai aturan ini dicabut.

“Dari ketentuan Arab Saudi ini artinya keberangkatan umroh sepertinya akan ditunda sampai larangan ini dicabut,” tulis Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria dalam pesan pendek, Selasa (3/2/2021) seperti dilansir detikcom.

20 negara yang dilarang masuk Arab Saudi, yaitu Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Republik Indonesia, Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugis, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon, Mesir, India, Jepang.

Sebelumnya umroh pada 2021 sempat boleh diberangkatkan pada 4 Januari 2021. Dimana perjalanan umroh sempat ditunda pada 21 Desember 2020.

Dalam catatan Zaky, penundaan pertama umroh terjadi pada 27 Februari 2020 ketika awal serangan pandemi COVID-19. Artinya, hampir setahun bidang usaha umroh jatuh bangun menghadapi efek pandemi.

“Kami berharap pemerintah Indonesia memberikan perhatian ke bidang usaha umroh, haji, dan wisata ini untuk membantu dengan berbagai cara agar tidak terjadi dampak buruk pada pegawai, penyelenggara umroh, dan bidang terkait lainnya,” tulis Zaky.(bertuahposcom)