Helikopter Militer Afghanistan Ditembak Jatuh, 9 Orang Tewas

90

BANDARLAMPUNGPOS.COM  – Sebuah helikopter militer Afghanistan ditembak jatuh di wilayah Afghanistan Utara pada Kamis (18/3) waktu setempat. Presiden Ashraf Ghani mengatakan bahwa sembilan orang tewas akibat insiden itu.
Seperti dilansir AFP, Jumat (19/3/2021) sebelumnya, Kementerian Pertahanan mengatakan helikopter itu jatuh di distrik provinsi Wardak, tempat pasukan Afghanistan dan milisi lokal bertempur sengit dalam beberapa tahun terakhir.

“Helikopter kami ditembak jatuh … dan pilot pemberani kami menjadi martir,” kata Ghani dalam sebuah upacara di istana presiden.

Tidak disebutkan siapa pihak yang bertanggung jawab di balik insiden ini, tapi Ghani memperingatkan “pelaku insiden itu akan dihukum serius”.

Terkait korban, Kementerian Pertahanan mengatakan ada empat awak helikopter dan lima anggota pasukan keamanan yang tewas.

Afghanistan kerap didera insiden kecelakaan helikopter, baik karena masalah teknis atau serangan militan.

Sebelumnya pada Oktober 2020, sembilan anggota militer Afghanistan tewas ketika dua helikopter militer bertabrakan saat mengangkut tentara yang terluka di provinsi Helmand Selatan.

Pemerintah Afghanistan terus memerangi gelombang kekerasan di seluruh negeri yang dituduhkan pada kelompok Taliban, meskipun kedua belah pihak sudah mulai melakukan pembicaraan damai pada tahun lalu.

Di Kabul, ibu kota Afghanistan, empat orang tewas dan sembilan orang lainnya cedera dalam ledakan yang menargetkan sebuah bus di Kabul timur pada Kamis (18/3).(detik.com)