Ini 5 Teh Terbaik untuk Melegakan Nafas

56

BANDARLAMPUNGPOS.COM – Konsumsi teh punya sejuta manfaat sehat. Nafas yang sesak tentu sangat mengganggu aktivitas. Kondisi kesehatan ini tidak boleh disepelekan karena sesak nafas mungkin menjadi gejala penyakit serius seperti asma dan Covid-19.

Sesak nafas yang belum terlalu parah bisa diatasi dengan mengonsumsi minuman yang tepat. Ada lima racikan teh yang disebut para ahli bagus untuk melegakan pernafasan.

Minuman ini mencakup beberapa jenis teh dan teh yang ditambahkan rempah serta bahan tertentu. Mengonsumsinya secara rutin diyakini bisa meredakan gangguan pernapasan lain seperti batuk dan nafas berbunyi.

Inilah 5 teh terbaik untuk melegakan pernafasan, seperti dilansir detikcom:

1. Teh jahe
Teh jahe pada dasarnya adalah jahe yang diseduh dengan air panas. Secara turun temurun, khasiat kesehatan jahe begitu dipercaya, terutama untuk mengatasi gangguan pernapasan.

Dua senyawa dalam jahe yaitu gingerol dan shogaol bahkan disebut mampu meredakan gejala asma sementara. Untuk membuat teh jahe tidak sulit, tinggal ikuti langkah di bawah ini. Tambahkan juga madu atau gula palem supaya lebih enak.

2. Teh hijau
Teh terbaik untuk melegakan pernafasan selanjutnya adalah teh hijau. Jenis teh ini kaya antioksidan yang membuatnya memiliki sejuta manfaat sehat, termasuk mengurangi inflamasi.

Teh hijau juga menjadi sumber kafein yang untuk sementara mampu mengendurkan saluran nafas. Untuk mendapat manfaat maksimal teh hijau, kamu perlu menyeduhnya dengan tepat. Teh hijau tidak boleh diseduh dengan air mendidih. Begini aturannya.

3. Teh hitam
Teh hitam atau black tea adalah jenis teh paling populer di Indonesia. Jenis teh ini mengalami proses oksidasi sehingga warnanya cokelat pekat dan intensitas rasanya kuat.

Seperti halnya teh hijau, teh hitam mengandung kafein yang fungsinya membuat saluran nafas rileks dan bisa meningkatkan fungsi paru-paru. Teh hitam bisa dinikmati dalam bentuk seduhan daun kering atau teh celup yang lebih praktis.

4. Teh peppermint
Teh peppermint juga termasuk teh terbaik untuk melegakan pernafasan. Di balik rasanya yang menyegarkan, peppermint bisa ‘membuka’ saluran nafas sehingga nafas terasa lebih ‘plong’.

Teh peppermint bisa dengan mudah didapat di supermarket. Beberapa produsen teh ternama secara khusus mengeluarkan varian teh peppermint yang tinggal diseduh.

5. Teh akar manis
Akar manis atau liquorice juga kerap diracik jadi teh menyehatkan. Dibuat dari seduhan akar manis yang rasanya manis dan sedikit pahit.

Salah satu manfaatnya adalah meredakan sesak nafas, namun perlu diperhatikan aturan konsumsinya. Hindari mengonsumsi lebih dari 1 cangkir (240 ml) teh licorice setiap hari agar tak mengalami efek samping berbahaya. (mg1)