Toko Sony untuk Game PSP, PS VIta, dan PS3 Dikabarkan Tutup Tahun Ini

34

BANDARLAMPUNGPOS.COM-Toko daring (online) resmi Sony yang menjual game untuk konsol game PlayStation Portable (PSP), PlayStation Vita (PS Vita), dan PlayStation 3 dikabarkan bakal ditutup tahun ini.

Menurut sumber anonim dari kalangan industri yang berbicara kepada TheGamer, layanan PSP dan PS3 Store akan dihentikan pada 2 Juli 2021, sedangkan layanan PS Vita Store menyusul disetop pada 27 Agustus 2021.

Meski demikian, belum bisa dipastikan apakah kabar ini akurat atau tidak. Sebab, pihak Sony belum angkat bicara terkait informasi itu.

Yang jelas, apabila benar, maka pengguna PSP, PS Vita, dan PS3 tidak bisa lagi membeli game versi digital, berikut konten ekstra alias downloadable content (DLC) di toko daring masing-masing konsol.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheGamer, Rabu (24/3/2021), pemberitahuan terkait penutupan toko PSP, PS Vita, dan PS3 sendiri kemungkinan bakal dibeberkan Sony sekitar akhir bulan ini.

Toko PSP, PS Vita, dan PS3 sendiri termasuk ke dalam kategori layanan toko digital utama PlayStation Store.

Di dalamnya juga terdapat kategori yang menjual game untuk konsol game Sony lainnya, seperti PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5).

Toko online tersebut juga masih menjual sejumlah game PlayStation 2 (PS2) dan PS3 yang bisa didapatkan melalui konsol generasi teranyar melalui layanan PlayStation Network (PSN).

Pantauan KompasTekno, Rabu (24/3/2012), website PlayStation Store sendiri kini tidak memampang menu kategori game PSP, PS Vita, atau PS3.

Namun, ternyata game untuk ketiga konsol masih bisa dilihat dengan mengunjungi tautan berikut dan memberikan tanda centang pada kotak PSP, PS Vita, atau PS3 di kolom “Game Type”.

Selain lewat PlayStation Store, aneka game untuk PSP, PS Vita, dan PS3 juga hingga saat ini masih bisa didapatkan melalui konsol masing-masing.
(kompas.com)